Pages

Minggu, 11 Januari 2015

Peranan Link Dalam menentukan Kualitas Pagerank



Sebuah situs web atau blog biasanya memiliki lebih dari satu halaman. Untuk menghubungkan antara halaman utama dengan halaman-halaman yang lain biasanya menggunakan link berbentuk navigasi dan halaman sitemap (peta situs) yang di dalamnya berisi kumpulan link menuju halaman-halaman di situs tersebut.

Peranan Link Dalam menentukan Kualitas Pagerank
Kualitas Pagerank
Selain menghubungkan halaman-halaman dalam satu situs, link juga dapat digunakan untuk menghubungkan halaman atau file dari situs lain. Saling taut menaut antar situs inilah yang digunakan oleh google dan mesin pencari lainnya untuk menentukan popularitas sebuah situs. Dalam hal seperti ini Link yang mengarah ke sebuah halaman situs di anggap sebagai referensi dan semakin banyak link yang menuju ke sebuah situs halaman, maka dapat di asumsikan bahwa referensi menunjukkan konten atau isi  halaman tersebut lebih berkualitas dari halaman-halaman yang lain. Metode ini digunakan oleh Google untuk menentukan popularitas  sebuah halaman yang dikenal dengan istilah Pagerank.

PAGERANK

Mesin pencari seperti Google Search, Yahoo Search, Bing dan lain-lain memiliki banyak cara untuk menentukan kualitas sebuah halaman situs dan posisinya dalam hasil pencarian. Salah satu cara yang digunakan mesin pencari adalah dengan menghitung jumlah Inbound Link (link dari halaman lain yang mengarah ke halaman sebuah situs) dan Outbound Link (link dari halaman situs yang mengarah ke halaman lain). Hal seperti ini sering kali disebut dengan istilah Link Popularity.

Link Popularity ini juga digunakan oleh Google untuk menentukan hasil pencarian, akan tetapi cara perhitungan Google lebih kompleks dan rumit, karena tidak hanya memperhitungkan jumlah inbound link dan outbound link. Kualitas halaman yang memberikan  inbound link juga menjadi faktor penentu. Pendekatan perhitungan seperti ini biasa dikenal dengan istilah Google Pagerank.

Kualitas inbound link dilihat dari halaman pemberi link. Sebuah halaman yang mendapat inbound link dari halaman ber-pagerank 4 dianggap lebih baik dari pada halaman yang mendapat inbound link dari halaman yang memiliki pagerank 3. Pagerank telah dipatenkan oleh Stanford University dan menjadi trademark Google yang mendapat lisensi dari Stanford University untuk menggunakannya.  

Pegerank ditentukan untuk sebuah halaman, bukan untuk keseluruhan situs. Jadi, halaman-halaman dalam sebuah situs akan memiliki pagerank yang berbeda-beda. Adapun cara yang digunakan untuk mengecek pagerank sebuah halaman dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu : pertama memeriksa secara manual dengan menggunakan layanan situs Pagerank Checker, dan kedua menggunakan Search Status,  Add-ons untuk browser Mozila Firefox yang secara otomatis memebrikan informasi pagerank dari setiap halaman Les Private yang sedang di kunjungi.

1. Mengecek Pagerank Secara Manual

    Kita dapat memeriksa pagerank sebuah halaman Les Private dengan menggunakan situs layanan pagerank checker yang banyak tersedia di internet. caranya cukup dengan memasukkan URL halaman Les Private yang akan dicek di kolom yang telah disediakan.

Situs penyedia layanan pagerank checker yang dapat kita gunakan untuk mengecek pagerank. Kita dapat mencari di Google Search dengan Keyword Les Private " pagerank checker tool ". Antara lain :
  • www.prchecker.info
  • www.mypageranker.com
  • www.checkpagerank.net

2. Mengecek Pagerank Menggunakan Search Status

    Cara yang paling mudah dan praktis untuk mengetahui kualitas halaman situs yang sedang kita kunjungi adalah dengan menggunakan browser Mozila Firefox yang di pasangi Add-ons bernama Search Status. Add-ons tersebut dapat menganalisa setiap halaman situs yang sedang anda kunjungi dan menampilkan beberapa informasi Les Private seperti Pagerank, Alexa Rank, Compete Rank dan yang lainnya. 


   
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peranan Link Dalam menentukan Kualitas Pagerank
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-seo-sukses.blogspot.com/2015/01/peranan-link-dalam-menentukan-kualitas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Online Mastering VB.NET ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar