Pages

Rabu, 28 Januari 2015

Pengaruh Usia Domain Terhadap SEO


Usia Domain adalah faktor dalam menentukan peringkat Google dan bagian dari sedikit strategi dalam membangun SEO. Situs yang mempunyai usai domain secara signifikan mengevaluasi untuk beberapa bulan pertama setelah Google pertama kali menemukan mereka. Hal ini sangat mengacu sekali untuk peringkat yang baik untuk berkompetitif dalam beberapa bulan pertama. Bahkan, dari beberapa profesional SEO tidak akan mau bekerja dengan merek domain baru.Menurut Google Matt Cutts, perbedaan antara domain yang berusia 6 bulan dan 12 bulan sangat kecil.

Pengaruh Usia Domain Terhadap SEO
Domain
Banyak yang memperdebatkan tentang pentingnya usia domain untuk peringkat yang baik, hal ini berlanjut ke pengujian dan pengalaman oleh para profesional SEO yang memberi lukisan atau gambaran yang cukup jelas bahwa usia domain yang lebih tua mempunyai peringkat sedikit lebih baik untuk bersaing diserp. Bahkan Google mengatakan sedikit tentang pentingnya usia domain, karena usai domain menjadi rujukan popularitas yang baik untuk pengguna.

Umur domain sebuah web atau blog biasa diistilahkan dengan old domain. Faktor umur domain menjadi salah satu poin SEO dalam algoritma Hummingbird. Hal ini tentu menjadikan seorang web atau blogger memperhatikan faktor umur domain ketika membuat sebuah web atau blog. Umur domain yang baik adalah domain yang berusia lebih dari satu tahun, domain tersebut terpakai dalam hosting pribadi, atau jika domain saja, terpasang di web atau blog.

Tidak seperti analisis Les Private SEO dalam algoritma sebelumnya, umur domain tidak terlalu diperhitungkan. Tapi dalam algoritma Hummingbird, umur domain masuk dalam salah satu dari 200 pin SEO Hummingbird. Hal ini dikarenakan sebuah domain mempengaruhi deskripsi, sehingga akan terindeks oleh mesin pencari. Demikian pula dengan web atau blog yang sudah berumur, karena sudah memiliki isi dan deskripsi maka blog tersebut akan dikenal oleh search engine (mesin pencari), sehingga search engine bisa mengetahui apa isi, deskripsi, dan keyword Les Private web atau blog tersebut.

Bagi blogger pemula apalagi dengan menggunakan domain gratis, maka umur domainnya dipastikan belum cukup umur. Itulah sebabnya sehingga sangat sulit terindex dengan mesin pencari. Untuk itu, disarankan memakai custom domain dan memilih domain yang telah berumur minimal satu tahun. Bisa juga dengan cara membeli domain yang sudah digunakan setahun sebelumnya. Hal lain yang penting, umur domain harus disirkulasikan dengan tema atau isi konten web atau blog.

Di bawah ini, beberapa pengaruh usia domain terhadap SEO :


1.Usia Domain dan Konten Websitenya

Mengapa berpengaruh? Hal tersebut dikarenakan domain yang sudah memiliki umur panjang tentu akan lebih bertanggung jawab terhadap Konten Websitenya baik dari segi relavansi, authority, dan trust. Jadi intinya konten website dari domain lama akan lebih dipercaya oleh search engine, ibaratnya seperti sebuah toko yang sudah lama buka sehingga akan dipercaya oleh masyarakat sekitar mengenai kualitas barangnya.


2. Usia Domain dan Trust

Trust ( kepercayaan ). Kepercayaan ini dibangun melalui waktu yang relatif lama. Search Engine (khususnya Google) akan melihat apakah metode link buildingnya SPAM atau bukan, konten websitenya berupa copy paste atau bukan, dan apakah dari domain tersebut informasi yang diberikan dapat dipercaya atau tidak.


3. Usia Domain dan  Otoritas

Otoritas atau kekuasaan adalah sebuah hal yang hanya dimiliki oleh domain lama. Domain lama memiliki kelebihan hal tersebut sehingga search engine tidak akan meragukan keakuratan artikel yang disajikan disana.

4. Usia Domain dan Link Building

Sebenarnya ini lebih tepat disebut Link Age atau usia link. Jika kalian melakukan tukar link kepada teman - teman blogger lalu link kalian di blog teman kalian itu ternyata dapat bertahan lebih dari 3 tahun! Apa yang terjadi? yang terjadi adalah Search Engine akan lebih percaya pada domain kalian karena usia link tersebut. Dengan begitu domain kalian akan mendapatkan Trust dan Otoritas!

5. Usia Domain dan Kecepatan Index 

Usia domain umunya mempengaruhi kecepatan index oleh search engine. Mengapa? Karena domain lama biasanya sudah terlepas dari ancaman Google Sandbox. Tidak percaya? Silahkan coba posting artikel di domain lama dan baru, lalu lihat seberapa cepat artikel tersebut sudah di index oleh search engine.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengaruh Usia Domain Terhadap SEO
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-seo-sukses.blogspot.com/2015/01/pengaruh-usia-domain-terhadap-seo.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Online Mastering VB.NET ?
KLIK DISINI
1 komentar:
  1. Bener sekali mas, domain yang lama akan lebih mendapatkan tempat untuk posisi yang strategis di SERP, contohnya seperti yang sudah dialami oleh Majalah Siantar..

    BalasHapus