Pages

Selasa, 06 Januari 2015

Peran Backlink Dalam SEO

Backlink mempunyai peranan sangat penting untuk memagang peranan SEO itu sendiri. Melalui Backlink para blogger hingga webmaster pun berlomba dalam mencari backlink sebanyak-banyaknya entah dengan cara Blackhat SEO atau Whitehat SEO demi blog/web nya bisa magang di Serp Google. Di tahun ini yang mungkin untuk seterusnya, Google sudah mulai membatasi jumlah BL (backlink) melalui sistem algoritmanya yang begitu komplek seperti pagerank, google sandbox, google dance, rel dofollow no follow hingga sampai google banned yang paling menakutkan. Maka dari itu mencari backlink dengan cara yang blackhat atau sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kualitas dari backlink itu sendiri sehingga backlink akan terasa tak berguna (sia-sia).



Peran Backlink Dalam SEO
Backlink

Backlink adalah teknik optimasi luar halaman yang sangat di perhatikan peranannya pada sebuah blog di hasil pencarian. Untuk itulah search engine sangat menyarankan para blogger untuk memberikan backlink pada blog mereka. Untuk mendapatkan backlink banyak sekali cara yang dapat di lakukan. Salah satu cara yang paling di gemari oleh banyak blogger di luar sana untuk mendapatkan backlink adalah dengan cara blogwalking, atau memberikan komentar di blog orang lain dengan menautkan link yang menuju ke blognya sendiri.



Banyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan apakah backlink yang kita dapatkan adalah backlink yang berkualitas ataukah hanya backlink spam (sampah). Kita hanya memperhatikan Backlink Quantity (jumlah tautan balik) di bandingkan dengan Backlink Quality (kualitas tautan balik). Hal inilah yang sering mengakibatkan bocornya tema (theme blending) yang di akibatkan oleh karena backlink yang di dapatkan tidak searah dengan blog kita.


Backlink searah atau yang sering di sebut dengan Backlink Satu Arah adalah tautan balik yang di dapatkan dari blog yang mempunyai tema atau niche yang sama dengan blog kita. Dan backlink inilah (tautan balik satu arah) yang akan memberikan kualitas baik pada blog kita. Backlink yang berkualitas juga akan berdampak pada peringkat blog kita. Semakin baik kualitas backlink yang kita dapatkan, maka akan semakin baik pula peringkat yang kita dapatkan.

Beberapa tolak ukur atau parameter BackLink

Dofollow dan Nofollow 

Dofollow dan Nofollow merupakan sebuah atribut jenis suatu link yang dapat dikatakan link live for life and death. Jika Atribut Dofollow memberikan informasi kepada Search Engine (SE) untuk menambah, memberi pengaruh peningkatan rank pada target link dari suatu teks hyperlink. Maka tidak jauh berbeda Atribut Nofollow adalah kebalikannya yaitu tidak memberi pengaruh peningkatan rank pada target link itu sendiri.



Lokasi link 

Lokasi Link ternyata juga bisa mempengaruhi bagaimana baiknya kualitas link. Search Engine (Mesin Pencari) lebih menyukai link yang dibangun secara alami. Artinya Backlink yang ditulis sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan link terdapat dalam suatu komentar atau dalam kata lain Link dalam isi posting misalkan di suatu forum lebih bagus kualitasnya.

Tema Blog / Web
Tema atau isi blog pun juga menentukan untuk baik tidaknya backlink. Disini dapat diartikan bahwa link dari web atau blog dengan satu niche (tema) akan lebih baik jika dibandingkan dengan link dari url web yang tidak setema. Sebagai contoh misal saya memiliki web/blog yang bertema tentang cinta dari link web/blog lain yang berisi tentang download game. Nah karena berbeda tipe tema maka kemungkinan akan lebih buruk kualitanya. maka link dari sesama blog niche yang sama atau tidak jauh berbeda, misal blog Les Private dengan blog Les Privat, kualitas backlinknya akan lebih bagus.

Jenis BackLink

Wah, ternyata jenis backlink pun juga menentukan, seperti Link satu arah yang biasa disebut One Way Link umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan link bertautan (Two Way Link) pada umumnya seperti blog / web yang bertukar link.

Anchor text

Tanpa kita sadari Anchor Text juga memilki peranan penting dalam hal SEO. Mengapa begitu?karena pada link/url tersebut anchor text yang telah dituliskan akan diikuti dan diingat oleh mesin pencari (SE). Maka Url dengan banyak backlink yang diikuti anchor text tertentu maka Search Engine akan memberi posisi yang lebih bagus.

Pagerank

Pagerank merupakan sistem algoritma google dengan peringkat yang diberikan search engine Google dengan angka dari 0 sampai 10. Semakin tinggi angka (nilainya) konon makin bagus, perhitungan Pagerank Google sebenarnya mudah saja jika dikaitkan dengan Backlink. Jika Backlink yang kita peroleh berkualiatas seperti yang didapat dari blog/web yang sudah kondang dan berpagerank lebih dari blog kita sendiri maka itu mungkin bisa disebut kualitas Backlink yang baik. Selain itu google juga menghitung kualitas jumlah backlink dari link dofollow yang menuju url lain itu.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peran Backlink Dalam SEO
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tips-seo-sukses.blogspot.com/2015/01/backlink-mempunyai-peranan-sangat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Anda Ingin Kursus Online Mastering VB.NET ?
KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar